0

Apa kabar sahabat GratisLagi.com sehat selalu kan? Kali ini GratisLagi.com Akan memberikan sebuah tutorial tentang Pengertian Dan Pengenalan Database Di Miscrosoft Access Ini sangat berguna bagi Anda yang sedang memulai belajar pemrogramman baik itu berbasis Web ataupun Berbasis Dekstop.

Oke langsung saja ya kita bahas Pengertian Dan Pengenalan Database Di Miscrosoft Access.


Pengertian Database

Database atau yang biasa kita sebut dengan  basis data merupakan sekumpulan data atau informasi yang terdiri atas satu atau lebih tabel yang saling berhubungan antara satu dengan yang lain, di mana Anda mempunyai kendali dalam mengakses data tersebut, menambah, mengganti, mengedit, bahkan menghapus data dalam tabel-tabel tersebut.

Lebih sederhananya pengertian Database merupakan kumpulan dari informasi yang disimpan dalam komputer dan saling berhubungan satu sama lain secara siste-matik. Database ini dikelola dan dapat digunakan untuk keperluan tertentu.

Jika kita ibaratkan suatu database/basis data merupakan sebuah lemari yang berisi arsip-arsip yang rapih dengan bindex yang telah diberi inisial atau nama dengan ciri-ciri yang unik.

Tingkatan Database

Database juga memiliki tingkatan yang perlu kita ketahui dalam pembuatannya database di dalam program Access atau yang lainnya. Dibawah ini merupakan beberapa tingkatan yang harus kita tau untuk membuat sebuah database/basis data, antara lain :


  1. File terdiri dari record-record yang menggambarkan satu kesatuan data yang sejenis.
  2. Record merupakan kumpulan dari beberapa field yang saling berhubungan ter-simpan dalam bentuk baris pada tabel. Satu tabel bisa terdiri dari beberapa record sekaligus.
  3. Field merupakan temapat data atau informasi dalam kelompok sejenis yang dimasukkan atau diinputkan pada bagian kolom tabel.
  4. Character merupakan bagian data terkecil yang berjenis huruf, angka [numeric] atau karakter khusus yang membentuk sutau item data/field.

 Mengenal Microsoft Access

Microsoft Access merupakan program database yang cukup populer, mudah digunakan, berorientasi visual dan berbasis Windows serta dapat diintegrasikan dengan aplikasi lain terutama Visual Basic.
Dengan Microsoft Access, Anda dapat membuat dan memodifikasi tabel, formulir entri data, query, laporan dan mengelola database dengan cara mudah dan cepat.

Pada saat Anda membuka maupun membuat database baru, maka akan tampak tampilan Microsoft Access 2010 seperti berikut :




Bagaimana Sobat Sekarang sudah jelaskan tentang Pengertian Dan Pengenalan Database Di Miscrosoft Access dari Gratislagi.com Jika Anda merasa kurang jelas, Anda bisa memberi komentar didalam kotak komentar dibawah.

Semoga Pengertian Dan Pengenalan Database Di Miscrosoft Access ini bermanfaat bagi Sobat yang sedang mencari pengertian database ini.

Salam GratisLagi.com

Post a Comment

 
Top