0

Halo Sobat  pembaca Setia di Gratis Lagi , Kali ini saya akan menjelaskan tentang Apa itu Tipe Data Dalam Pemrogramman. Jadi Untuk belajar membuat sebuah Aplikasi Anda harus mengerti nih dan ajib mengenal apa itu tipe data dalam pemrogramman. Disini saya akan mengulas macam-macam dari tipe data yang digunakan dalam pemrogramman java. Namun Sebetulnya arti tipe data itu dapat berlaku untuk semua jenis bahasa pemrogramman. hanya saja sintaksnya yang membedakannya.

Baik Kita akan melanjutkan ke topik pembahasannya yaitu tentang Apa itu Tipe Data Dalam Pemrogramman?.


 Apa itu Tipe Data Dalam Pemrogramman?


Tipe data ialah suatu sekumpulan data dengan nilai yang telah ditetapkan yang memiliki karakteristik. Tipe data dapat mendefinisikan suatu nilai/Informasi yang akan dipresentasikan dan cara suatu nilai/Informasi tersebut di interpretasikan.


Tipe Data Berdasarkan Kategori

Bersarkan kategori, tipe data di dalam pemrogramman itu dibagi menjadi 2 kategori. Yaitu :
  1. Tipe data Primitif
  2. Tipe data Referensi
Sudah ada yang tau belum tentang pengertian  kedua kategori tersebut? Mari kita bahas maksud kategori tipe data tersebut.


1. Tipe data Primitif

Tipe data Primitif ini Merupakan tipe data yang biasa digunakan di dalam pemrogramman. dan tipe data ini tidak dapat diturunkan dari tipe data lain atau objek manapun. di dalam tipe data ini terdapat delapan jenis tipe data di dalam tipe data primitif ini, Antara lain :

Untuk Bilangan bulat terdapat empat buah tipe data yaitu :

Tipe Data Primitif  Ukuran   Range
byte8 bit-128 s/d 127
short16 bit-32786 s/d 32767
int32 bit-2147483648 s.d. 2147483647
long64 bit-9223372036854775808 s.d. 9223372036854775807

Untuk Bilangan Pecahan terdapat dua tipe data yaitu :

Tipe Data Primitif  Ukuran   Range
float32 bit3.4e-038 s/d 3.4e+038
double64 bit1.7e-308 s/d 1.7e+308

Satu untuk Tipe data bernilai karakter ialah :

Tipe Data Primitif  Ukuran   Range
char16 bit0 s/d 65535

Dan Yang Satu Lagi Bernilai Logika Yaitu :

Tipe Data Primitif  Ukuran   Range
boolean8 bitfalse = 0 atau true = 1

2. Tipe Data Referensi

Tipe data ini biasa digunakan untuk Object Oriented Programming atau OOP. Tipe data ini dapat kita gunakan untuk mereferensikan tipe data dalam objek atau class tertentu. Jadi kita dapat mendefinisikan suatu tipe data yang sesuai dengan kebutuhan kita. Berikut beberapa tipe data referensi ialah :
  •  Array

    Tipe data ini berguna untuk menampung suatu nilai didalam variabel berdasarkan index dari nilai tertentu. System kerjanya ialah menyimpan nilai list pada variable di dalam blok-blok memori yang terdapat nomer index yang default 0 sampai dengan x-n.

  • Class

    Class dapat didefinisikan sebagai blueprint atau kerangka yang mendefinisikan variabel-variabel atau method-method umum dari sebuah objek. Namun, Saya lebih menyebutnya sebagai rumah di dalam sebuah wilayah sebagai gambarannya. karena untuk memanggil class didalam java, kita harus tau dulu wilayah nya atau nama file javanya yang akan kita panggil. jika nama filenya kita salam maka class pun tidak dapat dipanggil. seperti mengirim surat ke sebuah alamat. jika alamat salah maka surat tidak akan sampai ke alamat yang dituju.
  • Interface

    Interface merupakan kumpulan method yang hanya akan memuat deklarasi dan struktur method, namun tidak detailuntuk  implementasi dari suatu proses pemrogramman. Tapi detail dari method tersebut ada pada class yang mengimplementasikan interface tersebut. Interface digunakan ketika programmer ingin mengaplikasikan suatu method tersebut lebih secara spesifik.
Demikianlah Pembahasan Gratis Lagi dot com Tentang pengenalan tipe data didalam pemrogramman java. Bagi yang belum jelas tentang penjelasan tipe data diatas bisa memberi komentar pada kolom komentar dibawah.

Salam GratisLagiDotCom
By. GratisLagi.com 

    Post a Comment

     
    Top