0
GratisLagi.com

Untuk melanjutkan tutorial sebelumnya yaitu Cara Mudah Belajar Pemrogramman JAVA Part 1 saya akan melanjutkan pembahasan pada tutorial kali ini.

pada tutorial kali ini Cara Mudah Belajar Pemrogramman JAVA Part 2 saya akan membahas tentang bagaimana kita membuat if else pada java.

langkah awal buka programmer notepad++ anda dan ketikan seperti berikut:


class belajar_java{

public static void main(String [] args){

int menu=2;
System.out.print("Pilih Menu");

if(menu==1){

      System.out.print("Nama Saya Ari Setiawan");

      }else

if(menu==2){

      System.out.print("Usia Saya 22 Tahun");

      } else

if(menu==3){

      System.out.print("Ini pilihan Terakhir");

      }

}

}



Mari kita analisa script diatas. dan saya akan menjelaskan hanya tentang if else nya saja karena selain itu sudah saya bahas di tutorial sebelumnya disini Cara Mudah Belajar Pemrogramman JAVA Part 1
. Nah... dari script diatas kita lihat tidak memiliki input dari keyboard karena tidak ada [Scanner] dan variabel menu juga telah memiliki nilai 2 yang bila kita jalan kan akan menghasilkan output menu==2 yaitu ["Usia Saya 22 Tahun"].

Jadi cara membaca if else diatas ialah saya contohkan mengambil 2 buah if else di atas dan kita akan terjemahkan ke dalam bahasa kita:

if(menu==1){

      System.out.print("Nama Saya Ari Setiawan");

      }else

if(menu==2){

      System.out.print("Usia Saya 22 Tahun");

      }



jika kita baca sintax diatas akan berbunyi seperti ini : "[if] jika menu bernilai 1 maka akan menampilkan  ("Nama Saya Ari Setiawan") Namun [else] jika menu bernilai 2 maka akan menampilkan ("Usia Saya 22 Tahun")".

bagaimana sudah mengerti kan... bila ada yang kurang mengerti tentang penjelasan dari Cara Mudah Belajar Pemrogramman JAVA Part 2 iniAnda bisa berkomentar di kolom komentar di bawah ini.
terimakasih telah mau membaca Cara Mudah Belajar Pemrogramman JAVA Part 2
salam GratisLagi.com

Post a Comment

 
Top