0
Apa jadinya jika CD Driver motherboard milik kita hilang, rusak, atau bahkan patah. Jika Hal itu terjadi, yang membuat kita pusing ialah saat kita melakukan install ulang System Windows. Benar kan?? Oleh karena itu, GratisLagi akan bebagi tips dan trik kepada Sobat nih, tentang Cara Install Driver Hardware jika CD Driver hilang atau rusak.

Ketika kita membeli komputer PC atau laptop, pasti kita diberi (mendapat) sekeping CD Driver motherboard Atau kita diberikan Drive Cadangan di dalam laptop tersebut. CD tersebut digunakan untuk Mengatasi Jika ada masalah pada driver hardware pada  laptop kita. Namun, bagaimana jika cd-nya tidak ada, mungkin hilang atau rusak.

Cara Install Driver PC/Laptop jika CD Driver hilang atau rusak
Cara Install Driver PC/Laptop jika CD Driver hilang atau rusak


Cara Install Driver Hardware ini karena saya sendiri sering mengalami hal yang serupa pada saat menginstall ulang windows laptop dan komputer saya. Karena waktu saya membeli komputer itu memang tidak diberikan Driver cadangannya. Akibatnya, beberapa komponen hardware komputer saya tidak dapat bekerja karena belum terinstal drivernya. Saya coba mendownload driver masing-masing hardware, lalu saya mengalami kesulitan mencari driver yang pas dan cocok untuk hardware komputer saya, dan akhirnya saya menemukan cara untuk mengatasinya, saya coba dan berhasil.

Dan cara ini saya sederhanakan untuk saya sampaikan kepada anda melalui tips dan trik ini mengenai Cara Install Driver Hardware jika CD Driver hilang atau rusak yang bisa Sobat coba untuk memperbaiki Driver Laptop/Komputer Anda yang bermasalahnya. Biasanya saat selesai menginstal komputer atau laptop, semua pengaturan sistem kembali seperti semula dan driver-driver hardware seperti driver sound, grafik (VGA), atau LAN Card yang sebelumnya sudah terinstal akan hilang. Dan untuk menjalankan fungsi hardware tersebut, kita harus menginstal masing-masing driver hardware tersebut dengan CD Driver komputer atau laptop kita. Jika tidak, komponen-komponen komputer yang belum terinstal drivernya tidak dapat berfungsi.

Menurut Pengalaman saya menginstall dan mencari ada beberapa laptop yang sulit dicari untuk Drivernya. PCI Controler itu yang sering menjadi masalah dalam Driver. Berdasarkan pengalaman, Saya sendiri berfikir pasti banyak Sobat Lain yang mengalami hal tersebut.

Karena itu saya akan memberikan trik dan tips untuk mengatasinya. Salah satu solusinya adalah dengan mendownload driver hardwarenya. Memang sangat sulit untuk mendapatkan driver yang pas dan cocok. Tetapi Sobat Blogger bisa mencoba dengan cara dari Gratis Lagi dibawah ini.

 1. Pertama kita harus mengetahui spesifikasi atau tipe hardware yang akan diinstal drivernya. Ada banyak cara untuk mengetahuinya sperti dengan sofware atau dengan cara melihat langsung hardwarenya. Coba pakai trik saya dengan mengikuti langkah Pada Artikel ini : Cara mengetahui driver PC yang bermasalah

2. Masuk ke alamat www.pcidatabase.com  setelah itu masukan kode depan VEN tadi ke kolom Search Vendor  dan kode depan DEV ke kolom Search Device .
setelah di search, situs tersebut akan menampilkan nama pabrikan produsen hardware tersebut juga menampilkan alamat situs resminya dan alamat driver hardware tersebut.

3. Masuk ke situs resminya dan cari nama driver yang ditampilkan pcidatabase tadi, setelah ketemu download deh drivernya. Atau boleh juga masuk ke link drivernya langsung jika linknya di tampilkan pcidatabse lalu download.

4. Setelah di download, instal driver tersebut di komputer atau laptop kita. Sesudah diinstal, lihat kembali problem device di System Information. Jika drivernya pas dan cocok, maka data drivernya akan hilang diproblem device yang menandakan driver sudah terinstal dengan benar dan hardware dapat berfungsi.

Selamat mencoba Sobat, Semoga berhasil. Dan Semoga artikel ini bermanfaat . Jangan lupa Subscribe ya untuk mendapatkan artikel terbaru dar Gratis Lagi.com.
Salam GratisLagi.com

Post a Comment

 
Top