0
Untuk belajar pemrograman java itu sebenarnya melalui notepad ++ juga bisa, Namun disini saya akan membahas belajar java melalui netbeans, Tahapannya mulai dari menginstall Software Netbeans.

Tapi, Apa Itu Netbeans?

 

Netbeans ialah sebuah aplikasi open source yang sekarang dimiliki perusahaan besar Oracle. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengembangkan Pemrogramman java. Untuk menginstallnya Juga cukup mudah, hanya seperti menginstall Software biasa. Namun Ada metode lain setelah Netbeans terinstall.

Kelebihan Menggunakan Netbeans

  • Untuk membuat program di dalam netbeans tidak hanya java yang dapat kita buat. Tetapi Netbeans telah mendukung bahasa lain seperti C/C++, PHP, Ruby.
  • Tersedia Ribuan Plugin yang dapat diunduh secara gratis baik itu di software resminya maupun yang ada pada pihak ketiga.
  • Netbean GUI Builder sangat cocok untuk pengembangan dengan skala enterprise.
  • Dan Netbeans juga sangat kompetible dengan Swing karena masih di bawah Satu naungan Sun

Kekurangan Menggunakan Netbeans

  • NetBeans hanya support pada satu pengembangan Java GUI, yaitu Swing, yang padahal ada Java GUI yang dikembangkan oleh eclipse yang bernama SWT dan JFace yang sudah cukup populer.
  • NetBeans mempatenkan source untuk Java GUI yang sedang dikerjakan dalam sebuah Generated Code, sehingga programmer tak dapat mengeditnya secara manual.
  • Dari segi sumber daya, Netbeans memerlukan sumber daya yang besar, seperti Memory dan ruang hard disk.
  • Netbeans memerlukan dukungan prosesor yang cukup handal untuk mendapatkan performa maksimalnya.

Langkah Instal Netbeans

Langkah pertama dalam menginstall Netbeans, Buka installer Netbeans nya. Jika Sobat belum memilikinya sobat bisa mendownloadnya di situs resmi Java Oracle. Disini http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/index.html

Jika Sudah Klik Next saja, tunggu proses hingga selesai.

Setelah Program berhasil terinstall, Langkah selanjutnya ialah memasang path di dalam windows.
Dalam hal ini Anda dapat membaca : Cara Memasang Path Java Pada Windows 

Nah Sekian dulu ya Informasi yang bisa saya berikan.
Salam GratisLagi.com

Post a Comment

 
Top